Rabu, 17 April 2013

PELAKU-PELAKU KEGIATAN EKONOMI

PELAKU-PELAKU KEGIATAN EKONOMI
-        Rumah Tangga
Adalah pemilik berbagai faktor produksi yang tersedia dalam perekonomian. Sektor ini menyediakan tenaga kerja dan tenaga usahawan.
Memiliki faktor-faktor produksi yang lain, yaitu barang-barang modal, kekayaan alam dan harta tetap seperti tanah dan bangunan. Mereka akan menawarkan faktor produksi ni kepada sector pemerintah. Sebagai balas jasa penggunaan faktor produksi ini maka sector perusahaan akan memberikan pendapatan.
Berbagai jenis pendapatan tersebut akan digunakan oleh rumah tangga untuk dua tujuan, yaitu untuk membeli barang atau jasa yang diperlukan, dan pendapatan juga akan disimpan atau ditabung.
-        Perusahaan
Perusahaan adalah organisasi yang dikembangkan oleh seseorang atau kelompok dengan tujuan untuk menghasilkan berbagai jenis barang atau jasa yang dibutuhkan masyarakat, yang mereka disebut dengan pengusaha. Pengusaha memiliki keahlian keusahawaan dan kegiatan mereka dalam perekonomian ialah mengorganisasi faktor-faktor produksi sedemikian rupa sehingga berbagai jenis.
Tujuan mereka yang utama adalah memperoleh keuntungan dari usaha mereka. Keputusan tentang jumlah barang yang perlu diproduksi dan bagaimana cara memproduksinya selalu dipertimbangkan berdasarkan keinginan untuk mencapai untung tang maksimum. Untuk memperoleh keuntungan yang maksimum, pengusaha akan menganalisis struktur biaya dan pendapatan total yang diharapkan, kemudian akan menentukan pada tingkat pendapatan total yang mana perbedaan antara pendapatan total dan biaya produksi adalah yang paling besar.
-        Pemerintah
Yang dimaksud dengan pemerintah adalah badan-badan pemerintah yang bertugas untuk mengatur kegiatan ekonomi. Badan-badan seperti itu termasuklah berbagai departemen pemerintahan, badan yang mengatur penanaman modal, bank sentral, parlemen, pemerintah derah, angkatan bersenjata dll. Badan-badan tersebut akan mengawasi kegiatan rumah tangga dan perusahaan supaya mereka melakukan kegiatan dengan cara yang wajar dan tidak merugikan masyarakat secara keseluruhan.
Pemerintah juga melakukan sendiri beberapa kegiatan ekonomi. Biasanya kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah adalah kegiatan yang kurang menguntungkan kepada pihak swasta. Salah satu kegiatan demikian adalah kegiatan mengembangkan prasarana ekonomi seperti jalan-jalan, jembatan, pelabuhan dan lapangan terbang. Prasarana tersebut penting sekali artinya dalam mengembangkan kegiatan-kegiatan ekonomi yang lain tetapi biayanya sangat mahal dan adakalanya modal yang ditanamkan tidak dapat diperoleh kembali. Oleh sebab itu adalah kurang menguntungkan kepada perusahaan-perusahaan yang dimiliki masyarakat untuk mengembangkan prasarana. Kegiatan lain yang dilakukan pemerintah adalah mengembangkan prasarana sosial seperti institusi pendidikan, badan-badan penyelidikan menjaga ketertiban dan keamanan negara dan menyediakan jasa-jasa penting peranannya dalam perekonomian ( jasa angkutan kereta api, udara, jasa pos, telepon dll ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar