Pasar Barang dan Pasar
Faktor
Dalam analisis ekonomi pengertian pasar tidak terbatas
kepada suatu tempat tertentu tetapi meliputi suatu daerah, negara dan bahkan
dunia internasional. Pasar untuk karet dan timah misalnya, bukanlah dimaskudkan
sebagai tempat jual beli karet atau timah disuatu kampung atau wilayah tertentu
tetapi meliputi interaksi di antara produsen-produsen dan para pembeli karet
atau timah di seluruh pelosok dunia.
Pasar dimana para pembeli
dan para penjual melakukan interaksi dapat dibedakan dalam dua jenis pasar
barang dan pasar faktor. Pasar barang adalah tempat di mana para pembeli dan
penjual dari suatu barang atau jasa melakukan interaksi untuk menentukan jumlah
dan harga barang atau jasa yang diperjualbelikan. Sedangkan pasar faktor adalah
tempat di mana para pengusahan (pembeli faktor-faktor produksi) mengadakan
interaksi dengan pemilik-pemilik faktor produksi untuk menentukan harga
(pendapatan) dan jumlah faktor-faktor produksi yang akan digunakan dalam
menghasilkan abrang-barang dan jasa-jasa yang diminta masyarakat.
Mekanisme Pasar : Suatu
Penilaian Awal
Mekanisme pasar adalah sistem yang cukup efisien di dalam mengalokasikan
faktor-faktor produksi dan mengembangkan perekonomian tetapi dalam keadaan
tertentu ia menimbulkan beberapa akibat buruk sehingga diperlukan campur tangan
pemerintah untuk memperbaikinya.
Beberapa Kebaikan
Mekanisme Pasar
Mekanisme pasar dapat mengalokasikan faktor-faktor produksi dengan cukup
efisien dan dapat mendorong perkembangan ekonomi disebabkan karena ia memiliki
beberapa kebaikan sbb :
1.
Pasar dapat memberikan informasi yang lebih tepat. Para
pengusaha melakukan kegiatan memproduksinya untuk mencari untung. Pasar
memberikan informasi , memberikan keterangan tentang harga barang dan sampai di
mana besarnya permintaan kepada berbagai barang.
2.
Pasar Memberi Perangsang untuk Mengembangkan Kegiatan
Usaha. Pertambahan pendapatan, kemajuan teknologi dan pertambahan penduduk akan
mengembangkan permintaan. Ini akan memberikan doorngan kepada pengusaha untuk
menambah produksi dan meningkatkan kegiatan ekonomi.
3.
Pasar Memberi Perangsang untuk Memperoleh KeahlianModern. Pasar yang semakin meluas berarti lebih banyak harus diproduksi. Untuk
memeprcepat pertambahan produksi, teknologi yang lebih modern harus digunakan
dan kemahiran teknik dan manajemen yang modern diperlukan.
4.
Pasar Menggalakkan Penggunaan Barang dan Faktor Produksi
Secara Efisien. Harga suatu barang
ditentukan oleh permintaan dan kelangkaannya. Makin besar permintaan makin
tinggi harganya dan makin langka penawarannya akan semakin tinggi harganya.
Akibat dari harga yang diatur secara permintaan dan kelangkaan ini maka masyarakat
akan lebih hati-hati dalam menggunakan berbagai jenis barang yang tersedia.
5.
Pasar Memberikan Kebebasan yang Tinggi Kepada Masyarakat
untuk Melakukan Kegiatan Ekonomi. Tidak seorang pun di dalam paar mendapat
suatu tekanan di dalama menjalankan kegiatannya. Ia bebas untuk membeli
berbagai macam barang yang diinginkan dan begitu pula ia mempunyai kebebasan
untuk menjual faktor produksi yang dimiliki kepada pengusaha yang menurut
pendapatnya akan memberikan pembayaran yang paling menguntungkan.
Kelemahan-Kelemahan
Mekanisme Pasar
1.
Kebebasan yang tidak terbatas menindas golongan-golongan
tertentu. Kebebasan ini dapat merugikan golongan yang lemah dan kaum minoritas.
Persaingan yang sangat bebas menyebabkan gologan yang kuat kedudukannya menjadi
bertambah kuat. Misalnya pengusaha besar mematikan usaha kecil.
2.
Kegiatan Ekonomi Sangat Tidak Stabil Keadaannya.
Mekanisme pasar yang bebas menyebabkan perekonomian selalu mengalami kegiatan
naik turun yang tidak teratur. Para pengusahan dapat memperleh untung yang banyak
secara mendadak di satu ketika dan mengalami kehancuran pada ketika berikutnya.
Inflasi dapat tiba-tiba muncul dan pengangguran yang sangat buruk muncul pada
masa berikutnya. Di berbagai negara yang mengalami kegoncangan seperti ini
masalahnya dicoba dihindari dengan cara meneraplan kebijakan pemerintah seperti
kebijakan di sektor ekspor dan impor, dibidang keuangan, di bidang perpajakan.
3.
Sistem pasar dapat menimbulkan monopoli. Tidak selalu
mekanisme pasar itu merupakan suatu sistem pasar persaingan sempurna dimana
jumlah barang dan harga yang diperjualbelikan ditentukan oleh permintaan
pembeli dan penawaran penjual yang jumlahnya banyak. Dalam perekonomian yang
sudah sangat moderen seperti di Amerika, Jepang dan perekonomian negara-neraga
eropa barat satu atau beberapa perusahaan raksasa dapat menguasai pasar. Mereka
mempunyai kekuasaan yang sangat besar di pasar dalam menentukan harga dan
menentukan jenis dan jumlah barang yang ditawarkan. Mereka selalu membatasi
produksi pada tingkat di mana mereka akan memperoleh keuntungan yang maksimum.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar